Sabtu, 04 Oktober 2014

Gadget dan Makna Katanya

Gadget dan Makna Katanya - Salam Pemirsa Potrait Sukabumi, Pada artikel kali ini yang berjudul Gadget dan Makna Katanya, saya berharap mudah-mudahan isi artikel yang saya tulis ini dapat bermanfaat bagi kita semua

Judul Artikel : Gadget dan Makna Katanya
Link Artikel : Gadget dan Makna Katanya

Baca juga


Gadget dan Makna Katanya


Tag :
GUDGETLIBRARIES -- Istilah gadget memang sudah mendunia dan sudah sangat familiar di telinga orang Indonesia. Tapi apa kita semua tahu makna dari kata gadget itu sendiri. Kita perlu tahu yo makna yang sebenarnya, biar gak terkesan kidu. Aneh kan, kalau setiap hari kita menentengnya namun gak paham arti dan definisnya. Minimal kita bisa jelaskan pada orang di sekitar kita saat bertanya pada kita.

Kata gudget merupakan kata yang diadopsi dari bahasa Inggris, bukan bahasa Indonesia lho ya. Walau kata atau istilah gudget sendiri sudah sangat ngepop di telinga orang Indonesia. Namun kata atau istilah tersebut bukan dari bahasa Indonesia.

Dalam kamus bahasa indonesia kata Gadget diartikan sebagai "gawai" atau "kerja". Rasanya aneh ya, mendengar kata "gawai". Sebenarnya kata "gawai" itu sering kita dengar kok, namun kita lebih familiar mendengarnya sebagai kata "pegawai". Sekedar tahu aja, kalau kata pegawai itu berasal dari kata dasar "gawai" yang mendapatkan awalan "pe". Nah sekarang pahamkan ? Dalam bahasa Melayu kata gadget diartikan sebagai "alat".

Pada kamus online Wikipedia, Wikipedia mendefinisikan kata gadget sebagai suatu peranti atau instrumen yang memiliki tujuan dan fungsi praktis yang secara spesifik yang dirancang lebih canggih dibandingkan dengan teknologi yang diciptakan sebelumnya.


Hingga tulisan ini saya muat, saya belum menemukan pendapat para pakar soal definisi gadget. Tapi pada tulisan berikutnya akan saya coba paparkan pemahaman gadget menurut para ahli. (mluq)

0 comments:

Posting Komentar